Kamis, 12 April 2012

Akuntansi dan Bidang- bidangnya


Dewasa ini, seiring dengan pesatnya perkembangan kehidupan manusia, terutama di dalam dunia ekonomi maupun bisnis, ilmu akuntansi tak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Semua orang yang ingin berinvestasi terhadap suatu usaha, tak mungkin bisa percaya dengan hanya berdasar pada penuturan dari pengelola usahanya. Untuk itu, diperlukan adanya catatan- catatan yang jelas dan dapat dipercaya sekaligus dapat diakses oleh siapapun. Oleh karena itu, transaksi- transaksi yang terjadi dicatat kedalam sebuah sistem berdasarkan bukti transaksi yang ada. Kemudian, dari bukti- bukti transaksi tersebut diolah sedemikian rupa sehingga dapat disajikan kedalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan inilah yang disajikan kepada stakeholder sebagai dasar pengambilan keputusan strategis maupun taktis.



Dari paparan diatas, dapat diatarik benang merah tentang pengertian akuntansi. Yaitu sebuah sistem yang bertugas mengidentifikasi, mencatat segala transaksi yang terjadi pada entitas ekonomi berdasarkan bukti- bukti transaksi sehingga menghasilkan sebuah laporan kuangan.

Sebagai suatu sistem informasi yang menyediakan jasa informasi keuangan yang sangat komplek. Pada garis besarnya, akuntansi dibagi menjadi dua bidang utama, yakni akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi juga masih dibagi lagi menjadi bidang kajian khusus lainnya. Sehingga pengertian akuntansi dapat dipahami secara komprehensif agar membentuk satu pengetahuan akuntansi yang utuh Bidang- bidang tersebut antara lain:
1.      Akuntansi Keuangan
Yaitu bidang akuntansi yang bertugas untuk menghasilkan laporan keuangan berupa laporan laba rugi, perubahan perubahan ekuitas, dan neraca, serta laporan keuangan lainnya yang dianggap perlu.
2.      Akuntansi Manajemen
Bertugas menghasilkan inforsmasi keuangan terperinci yang diperuntukan bagi kepentingan internal perusahaan sebagai bahan analisis kebijakan, forecasting, penyusunan perencanaan, serta pengendalian kegiatan perusahaan.
3.      Akuntansi Biaya
Bartugas untuk membantu tugas akuntansi keuangan dan tugas akuntansi menajemen. Bagi akuntansi keuangan, akuntansi biaya menyediakan informasi akurat tentang harga pokok produksi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari laporan keuangan (laporan rugi laba) yang disusun oleh akuntansi keuangan. Sedangkan bagi akuntansi manajemen akuntansi biaya membantu menyediakan informasi secara detail untk keperluan analisis internal perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan- keputusan strategis maupun taktis.
4.      Analisis Akunansi Keuangan
Merupakan bidang akuntansi yang bertugas menerjemahkan laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.


5.      Auditing
Adalah bidang akuntansi yang bertugas mengontrol kepatuhan aktiviitas akuntansi keuangan terhadap prinsip- prinsip akuntansi berterima umum yang berdasarkan SAK.
6.      Sistem Akuntansi
Menyediakan kerangka aturan, mekanisme organisasi dan peralatan yang dibutuhkan bagi keberlangsungan proses akuntansi, baik akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi biaya.
7.      Teori Akuntansi
Adalah bidang akuntansi yang menyediakan dasar- dasar kebenaran terhadap setiap konsep yang digunakan dalam akuntansii keuangan.

Ditulis oleh: Imam Zia Utama

Daftar pustaka: Wahyudin, Agus; Khafid, Muhammad. 2007, Akuntansi Dasar, Semarang, Unnes Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar