Rabu, 14 Maret 2012

BBM Naik, Rakyat Galau


Akhir- akhir ini rakyat di “galaukan” dengan berita kenaikan harga BBM. Ya, memang tidak seorangpun rakyat yang nyante aja atau ga mau tahu dengan kenaikan BBM. Tapi kenapa sih pemerintah maksa banget naikin harga BBM? Apa alasannya? Dan, apa harus sekarang? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan rakyat Indonesia.


Sebenarnya, hal ini sah- sah saja dilakukan. Mengingat harga minyak mentah dunia sudah selangit harganya yakni sekitar USD 106 per barel. Sementara asumsi harga minyak dalam APBN 2012 yang dipatok hanya sebesar USD 90 per barel. Ini membuat subsidi BBM membengkak 13,8 triliun rupiah diatas subsidi yang ditetapkan dalam APBN.  Karena, jika subsidi yang membengkak ini dibiarkan saja, dampaknya adalah cadangan devisa kita akan terkuras hanya untuk subsidi yang katanya tidak tepat sasaran ini.

Efek domino yang timbul dari terkurasnya devisa kita adalah Negara akan terjadi krisis. Diperparah lagi oleh kondisi perekonomian global yang masih sangat labil dan nilai tukar rupiah yang fluktuatif  bahkan cenderung melemah.

Namun, angka- angka diatas adalah perhitungan dari pemerintah yang di publis ke halayak. Setahu saya, Indonesia juga punya lading minyak dan kilang minyak sendiri. Lalu kenapa pemerintah selalu latah dengan harga minyak mentah dunia? Aneh kan? Saya gak tahu berapa angka pastinya, tapi masa sih itu semua gak diperhitungkan oleh pemerintah?

Okelah, sekarang gak usah kita saling menyalahkan. Cari solusi yang tepat saya kira jauh lebih berarti. jika pemerintah menjerit tentang membengkaknya subsidi yang digelontorkan buat rakyatnya sendiri, sekarang kita balik posisinya. Bagaimana jika pemerintah juga bisa berkorban demi rakyat yang dipimpinnya. Jika saja pemimpin kita rela dipotong gajinya demi memangkas belanja pemerintah. Maka bisa kita bayangkan, berapa banyak uang yang bisa kita irit. Belum lagi jika mereka mau hidup sederhana dengan cara menghentikan pembelian benda- benda dinas yang terlampau mewah. Oh ya, ada lagi, terapkan efisiensi anggaran dan STOP korupsi!

yah, kita sebagai rakyat hanya bisa manyun melihat mereka bermewah- mewah sementara rakyatnya galau. Semoga kedepannya bisa dicari solusi yang lebih baik lagi.

1 komentar:

  1. memang dalam postingan diatas masih banyak kekurangan. mohon sarannya

    BalasHapus